Kabarsukabumi.com - Sanggar Seni Jamus Kalimasada yang berada di Kampung Cisuru Karamat, Desa Mekarjaya, Kecamatan Jampangkulon, Kabupaten Sukabumi, mengadakan pentas seni dan budaya dalam rangka pengembangan kreativitas seni budaya di area wisata alam Leuwi Randa. Ahad (7/1/2024).

Ketua Sanggar Seni Jamus Kalimasada Rian Hidayatulloh menjelaskan bahwa, tujuan dipilihnya wisata alam Leuwi Randa untuk membantu Kelompok Penggerak Sadar Wisata (Pokdarwis) dalam pengelolaan aset wisata yang ada di Kampung Bojongjengkol, Desa Mekarjaya, sekaligus sebagai promosi wisata.

Selain itu, kata Tegar, tujuan beriktunya adalah untuk memberikan edukasi kepada warga Desa Mekarjaya, dalam menyampaikan pentingnya berbudaya, dan kolaborasi berbagai sanggar seni, untuk mengangkat dan memperkenalkan wisata dan kesenian.

"Beberapa pentas kesenian seperti dari Jampang Warrior Dance (JWD) yang menampilkan tari jaipong, Karuhun Karinding Awi Buhun (Karuhun) dengan karindingnya, Tali Wangsa pentas debusnya, pencak silat dari Wulung Wening, Tari Ngadeplang dari SMK Al-Musa Waluran, Bajidoran dari Jamus Kalimasada dan JWD, serta Kuda Lumping dari Jamus Kalimasada," jelasnya.

Rian juga mengatakan, bahwa kegiatan acara ini akan diagendakan setiap tahunnya di Wilayah Pajampangan.

"Insya Allah, ini akan menjadi agenda rutin setiap tahunnya bagi kami, sanggar seni yang ada di wilayah Pajampangan untuk ikut berpartisipasi, dan kolaborasi dalam promosi wisata," tutupnya.