Gopublik.id - Lingkungan Sekolah merupakan bagian penting dalam aktivitas sehari-hari siswa di Sekolah. Lingkungan yang sehat dan terawat akan membuat siswa merasa nyaman ketika ia datang di sekolah dan dalam proses pembelajarannya.

SMK Gumati Mulya merupakan salah satu sekolah yang ada di Kota Bogor yang memiliki lingkungan yang cukup baik dan terawat namun masih perlu dilakukan penataan lingkungan guna mewujudkan lingkungan yang sehat.

Oleh karena itu pengoptimalan lingkungan sekolah melalui gerakan peduli lingkungan perlu dilakukan agar terwujudnya lingkungan sekolah yang sehat dan bersih , sehingga siswa dapat melakukan aktivitas sehari hari dengan baik.

Komunitas Lingkungan Wilayah Bogor Timur Kota Bogor bersama lembaga sekolah dan juga pihak pemerintah Kecamatan Bogor Timur, Babinsa, Kelurahan, Civitas dan beberapa dinas terkait seperti diantaranya Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP), Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Kampus IPB Fakultas Kehutanan dan Lingkungan, PT Akademi Inovasi Indonesia, dan pengusaha rongsok Rt 008 dan Rw 002 melakukan posialisasi penataan lingkungan yang diadakan di SMK Gunati Mulya.

Adapun juga Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata, departemen ini mengampu program studi S1 dengan nama yang sama dengan departemennya, dan program studi S2 dan S3 untuk Konservasi Biodiversitas Tropika.

Kepala Sekolah SMK Gumati Mulya Agus Ramdhan memaparkan, “Adapun metode yang digunakan dalam kegiatan ini dengan pemaparan bentuk kegiatan yang akan dilaksanakan di lingkungan sekolah pada sosialisai program kerja. kemudian dilanjutkan dengan pendataan tempat yang akan ditempati tempat sampah dan papan imbauan serta memilah bunga yang akan ditanami di halaman setiap ruangan, setelah itu dilakukan pembuatan tempat sampah dan papan imbauan,” paparnya, Kamis (21/3/2024).

“Langkah selanjutnya yakni menyebar tempat sampah dan papan imbauan sesuai hasil data tempat serta menata pekarangan sekolah dengan menanam bunga-bunga di halaman setiap ruangan. Setelah penataan lingkungan sekolah telah dilakukan selanjutnya , diadakan penataan kembali yakni pengecetan tempat sampah dan papan imbauan sedangkan bunga-bunga yang telah ditanam dilihat kembali kondisi bunga,” lanjutnya.

SMK Gumati Mulya mengundang beberapa civitas terkait dalam mewujudkan lingkungan hidup yang bersih dan sehat yang dimaksudkan untuk saling bekerja sama menjaga lingkungan, tidak hanya di sekolah bahkan di luar lingkungan sekolah.

“Alhamdulillah, SMK Gumati mendapatkan penghargaan sebagai sekolah berbasis lingkungan hidup, saya selaku kepala sekolah SMK Gumati mengajak warga sekitar untuk peduli terhadap lingkungan yang bersih agar terciptanya lingkungan yang indah sejuk serta nyaman,” ungkapnya.

Adapun program selanjutnya, ia menuturkan akan adanya penghijauan menuju sekolah.

“Program kedepan nya saya ingin 350 meter dari depan menuju sekolah adanya penghijauan seperti tanaman hias dalam pot atau buah dalam pot,” harapnya.